Tuesday 1 July 2014

Buku Baru: KEMULIAAN PEREMPUAN DALAM ISLAM

Nama anda*:SETYA
Email*:setya.galery@gmail.com
Judul Buku*:KEMULIAAN PEREMPUAN DALAM ISLAM
Ringkasan*:Perempuan acap kali mendapatkan perlakuan diskriminatif dalam kehidupan sosial masyarakat. Penerapan Syariat Islam di beberapa daerah memotret hal itu. Perda larangan keluar malam bagi perempuan menjadi bukti bagaimana perempuan dibelenggu kebebasannya. Padahal, Islam adalah agama yang memberi tempat mulia bagi perempuan. Tegas bahwa menentang, melawan dan menghapus diskriminasi adalah seruan ajaran Islam. Bukankah misi profetik Muhammad SAW adalah untuk membebaskan manusia dari segala macam sikap diskrimintatif?



Buku ini mencoba menjawab persoalan di atas. Penulis menjelaskan bagaimana posisi perempuan dalam Islam. Misalnya, bagaimana posisi perempuan sebagai anak, perempuan sebagai istri, perempuan sebagai ibu dan perempuan sebagai warga negara. Di sini, pembaca disuguhkan keresahan penulis dalam melihat realitas sosial yang seringkali berkata lain dengan nilai-nilai luhur Islam.



Hal yang tak kalah menarik lainnya adalah bahwa umat Islam––khususnya perempuan –– diajak untuk kritis ketika menjalankan syari'at agamanya. Penulis menyerukan bahwa Hablum-minallah dan hablum-minannas harus berjalan berimbang. Artinya, ibadah haji yang merupakan simbol kesempurnaan seseorang dalam ber-islam harus dibarengi dengan sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Demikian juga dengan prinsip ketauhidan yang konsekuensi logisnya adalah seruan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.



Maka dari itu, buku ini dirasa perlu menjadi daftar bacaan kita selanjutnya guna mengerti bahwa sebenarnya perempuan mendapat peran yang mulia dalam Islam.
:


Follow @emfteam on Twitter | Facebook
Powered by EmailMeForm



No comments:

Post a Comment

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE